Cara Jadi Populer di Aplikasi Tiktok Terbaru

Aplikasi Tiktok menjadi sangat populer belakangan ini. Bahkan banyak sekali konten viral di Internet yang hampir semuanya bersumber dari video Tiktok.

Enggak hanya kaum milenial, kini aplikasi Tiktok juga digandrungi oleh orang dewasa hingga ibu-ibu rumah tangga. Para artis dan influencer pun juga tak mau ketinggalan punya akun Tiktok.

Aplikasi Tiktok
Cara jadi seleb tiktok

Apa Itu Aplikasi Tiktok?

Tiktok merupakan sebuah aplikasi editor video besutan perusahaan asal Tiongkok bernama Tiktok Pte. Ltd.

Platform berbagi video ini pertama kali diluncurkan September 2016. 

Hingga kini Tiktok sudah tersedia dalam 70 lebih bahasa dan tersebar hingga 150 negara di dunia.

Dengan Aplikasi Tiktok, pengguna bisa membuat video pendek disertai musik, filter, dan fitur editing yang sangat lengkap.

Awalnya aplikasi ini diberi nama Douyin saat pertama kali dipublikasikan di China oleh perusahaan Byte Dance.

Dalam kurun waktu satu tahun, Douyin memiliki lebih dari 100 juta pengguna dengan satu miliar lebih tayangan setiap harinya. 

Karena itu, akhirnya Douyin melakukan ekspansi ke berbagai negara dengan nama baru yaitu Tiktok.

Kenapa Harus Aplikasi Tiktok?

Tahukah kamu bahwa aplikasi Tiktok hingga kini telah diunduh lebih dari  2 miliar unduhan di platform IOS maupun Android. 

Angka yang cukup fantastis untuk sebuah platform berbagi video.

Sementara itu, di Indonesia pengguna aktif aplikasi Tiktok bahkan mencapai 30 juta lebih dan terus bertambah.

Aplikasi Tiktok
Aplikasi paling banyak di download

Ini tentunya menjadi pasar yang menggiurkan untuk para pelaku bisnis online dan UMKM lokal

Tak hayal banyak juga pengguna Tiktok yang bertujuan untuk mempromosikan produk mereka lewat video-video pendek di aplikasi Tiktok.

Selain alasan tersebut, kini aplikasi Tiktok juga sering melahirkan artis maupun tokoh publik yang akhirnya banjir job berkat video Tiktoknya yang viral.

Sebut saja seperti Dimas Ahmad, Chika Chandrika, hingga Brigita Meliala.

Ketiga orang tersebut adalah contoh real bahwa menjadi populer di Aplikasi Tiktok bisa merubah nasib seseorang.

Algoritma Terbaru Tiktok

Sama halnya dengan Facebook dan Youtube, aplikasi Tiktok juga punya algoritmanya sendiri.

Algoritma inilah yang mengatur tingkat kepopuleran sebuah video di Tiktok. Fungsinya untuk memilih mana video yang punya potensi viral dan mana yang tidak.

Ngomongin soal algoritma Tiktok, tentunya tidak lepas dengan salah satu fitur yang bernama FYP (For You Page).

Jika kamu membuka aplikasi Tiktok, kamu akan menemukan tab FYP di beranda.

Tab FYP ini dirancang khusus oleh Tiktok untuk menjadi wadah video-video yang punya potensi viral. Jadi kalau ingin video kamu populer, minimal videonya harus bisa masuk ke tab FYP ini.

Caranya gimana bang, biar videoku bisa masuk FYP Tiktok?

Gampang..

Pastikan video yang kamu buat punya tingkat engagement tinggi. Baik itu dari jumlah like, komen, dan share.

Selain itu, penggunaan hastag & caption juga mempengaruhi tingkat kepopuleran sebuah video Tiktok.

Perlu dipahami bahwa saat pertama kali kamu upload konten di Tiktok, konten itu tidak akan langsung masuk ke FYP. Melainkan melalui tahapan tertentu yang sudah di setting oleh pihak Tiktok.

Tahapannya bisa kamu lihat di gambar berikut:

Aplikasi Tiktok
Tahapan masuk fyp tiktok

Saat pertama upload, video kamu akan masuk ke small batch dengan jumlah audiens kecil. Tahap ini dinamakan sampling.

Lalu jika jumlah engangement ratenya bagus maka akan di distribusikan ke medium batch dengan jumlah audiens yang lebih banyak.

Disini dalam waktu 8 sampai 12 jam, Tiktok akan kembali mengumpulkan data soal jumlah engangement (like, komen, dan share) dan juga completion rate.

Jika hasilnya bagus, maka kontenmu akan dimasukan ke batch FYP yang jangkauan audiensnya paling besar. 

Jika sudah masuk ke tahap ini berarti kontenmu sudah bisa disebut sebagai konten populer di Tiktok.

Cara Jadi Populer di Aplikasi Tiktok

1. Konsistensi niche

Aplikasi Tiktok punya algoritma yang digunakan untuk memberikan penilaian sebuah video layak atau tidak untuk diviralkan. 

Mereka biasanya akan melihat jumlah interaksi dan konsistensi dari tema video di akun Tiktok kalian.

Misalnya jika kamu membuat konten seputar anime dan konsisten membuat video dengan tema yang sama. Maka Tiktok akan menilaimu sebagai kreator konten anime yang terpercaya dan layak dipertimbangkan.

Konsistensi ini sangat penting saat kalian menggunakan aplikasi Tiktok untuk tujuan bisnis ataupun mempromosikan produk.

2. Lima video rules

Lima video rules merupakan bagian dari algoritma terbaru Tiktok. 

Lima video rules ini maksudnya adalah lima video pertama yang kamu buat akan menentukan apakah akunmu diprioritaskan atau tidak oleh pihak Tiktok.

Semakin besar view dan engangement dari konten tersebut, maka akun Tiktokmu akan diprioritaskan untuk masuk ke medium batch hingga large batch. 

Karena itu saat membuat akun Tiktok, rencakan dulu pembuatan kontennya sebaik mungkin.

3. Ikuti trending video

Untuk membuat video Tiktok yang viral, kamu harus pinter melihat konten yang sedang trending. Usahakan untuk memakai hastag atau audio yang juga sedang viral. 

Filter video juga harus diperhatikan. Beberapa filter yang sedang populer bisa kamu gunakan untuk menarik perhatian viewers.

4. Pilih hastag terbaik

Ada tiga tipe hastag yang harus ada di setiap  konten Tiktokmu. Pertama, hastag yang relevan dengan konten. Kedua, hastag yang paling populer dan umum digunakan. Ketiga, hastag personal yang jadi ciri khas konten.

Untuk mencari hastag yang relevan, kamu bisa menggunakan tools yang disediakan situs TiktokHashtags.com.

Aplikasi Tiktok
Tiktok hashtag

Kamu hanya perlu memasukan kata kunci dari konten yang kamu buat, nantinya akan muncul puluhan hastag relevan yang siap digunakan.

Sedangkan untuk hastag yang populer, berikut saya punya daftarnya:

#tiktok
#explore
#follow
#like
#followforfollowback
#video
#love
#fyp
#foryou
#foryoupage
#viral
#video
#tiktok4fun

...dan masih banyak lagi.

Lalu untuk hastag personal, kamu bisa membuatnya sendiri.

Contohnya hastag #FentyBeautyHouse yang dipopulerkan oleh perusahaan kecantikan Fenty Beauty milik Rihanna.

Untuk membuat hastag personal, sebaiknya gunakan frasa kata yang unik dan mudah di ingat. Karena hastag ini nantinya akan jadi signature atau ciri khas dari konten Tiktok kalian.

5. Perhatikan durasi video

Dalam algoritma Tiktok, ada yang namanya Completion Rate. Yaitu seberapa banyak orang yang menonton konten Tiktokmu sampai selesai.

Tahukah kamu, dari video Tiktok yang berdurasi 30 detik, rata-rata penonton hanya fokus di 7 sampai 10 detik pertama. 

Karena itu, saat membuat konten usahakan durasinya jangan lebih dari 30 detik (direkomendasikan 13-17 detik saja).

Durasi video ini berlaku untuk kalian yang masih pemula dan belum punya banyak follower. Jika kamu sudah punya banyak follower di Tiktok, durasi video ini engga perlu terlalu dipikirkan.

6. Upgrade ke akun pro

Langkah terakhir untuk bisa famous di Tiktok adalah melakukan upgrade ke akun premium.

Akun pro ini punya banyak kelebihan jika dibanding akun Tiktok gratisan. Salah satunya adalah kemudahan dalam menganalisa dan meningkatkan kualitas konten.

Seperti jumlah tayangan video, pengikut, jumlah interaksi, hingga waktu prime time yang pas untuk mengupload konten.

Gimana, udah siap jadi populer di Tiktok ?

Silahkan berikan komentar jika kamu punya pendapat lain atau masukan untuk konten diatas.