Facebook Marketing 3# Teknik Copywriting Paling Sadis

jualan di facebook
Teknik copywriting di Facebook

Baiklah, akhirnya kita tiba di bagian ke-3 dari panduan Facebook marketing. Di panduan ke-3 ini saya akan mengupas berbagai teknik copywriting yang bisa digunakan untuk meningkatkan omzet  penjualan di Facebook.

Sebelum mulai ke pembahasan, saya ingin memastikan apakah anda sudah membaca panduan pertama dan panduan kedua dari seri Facebook marketing yang saya buat.

Jika belum, silahkan baca dulu.

Seri panduan Facebook marketing ini saya buat berdasarkan urutan penerapannya, jadi sangat disayangkan jika anda tidak membacanya dari awal.

Oke, kembali ke topik utama.

Status Sadis di Facebook

Jualan di Facebook itu tidak melulu upload foto, kasih deskripsi, terus duduk manis nunggu orderan datang.

Ini cara lama. Anda harus ubah kebiasaan ini di Facebook. Mulai sekarang manfaatkan status Facebook untuk dijadikan ladang uang bagi bisnis anda.

Ya, buat status sadis yang mampu membius pembaca untuk nurut pada anda. Nurut anda suruh like, nurut anda suruh share, dan yang terpenting nurut juga anda suruh beli.

Caranya ?

Buat konten yang viral dan menjual.

Coba lihat status ini...

contoh status viral

Itu adalah salah satu contoh konten Facebook yang viral dan menjual. Lihat saja jumlah engagement (interaksi) di konten tersebut.

Bayangkan jika anda sisipkan link produk anda di konten tersebut, berapa banyak closingan yang akan anda dapat.

Konten viral ini biasanya ditandai dengan engagement yang tinggi, baik itu jumlah like, komen, dan juga share.
Untuk membuat konten viral yang menjual, anda bisa contek di BAB 2 Facebook marketing.

8 Teknik Copywriting di Facebook

Jualan di Facebook akan lebih mudah jika anda tau cara membuat status promosi yang menjual. 

Dengan 8 teknik ini, anda juga akan mendapatkan engagement yang tinggi serta sales yang membludak.

Engga percaya, coba buktikan sendiri...

Teknik 1. Double Binding

Salah satu teknik permainan kata dalam copywriting. Teknik ini digunakan untuk menyetir jawaban pembaca untuk berkata "Ya" pada salah satu pilihan yang kita ajukan. Padahal pilihan tersebut adalah jebakan yang sudah disiapkan.

Penasaran ?

Simak contoh berikut...
  • Anda lebih suka model sebelah kiri atau kanan ?
  • Saya kepengen tahu, anda lebih suka sepatu yang warna merah atau biru ya ?
  • By the way, anda lebih memilih beli sekarang (pas harga termurah) atau nanti (pas harga naik 2x lipat) ?
  • Kira-kira, anda lebih suka saya kasih bonus ebook atau bonus tols ya ?
  • Ukhti lebih suka gamis warna apa ? Ungu, toska, atau maron ?
...dan masih banyak lagi.

Bayangkan, jika anda kombinasikan teknik ini dengan gambar postingan yang keren di status Facebook anda. Pasti hasilnya sangat memuaskan.

Teknik 2. Scalling

Teknik ini bertujuan untuk membuat pembaca status Facebook anda selalu berkomentar positif terhadap produk yang anda jual. Tidak peduli apapun produknya, mereka akan menganggapnya bagus.

Kok bisa ?

Perhatikan status tukang sate ini.
Kalau nilai 1 untuk enak dan 10 enak banget, kira-kira berapa penilaian anda untuk sate ini ?
Apapun jawaban pembaca, jawabannya cuman 2, enak dan enak banget. Begitulah cara kerja teknik scalling.

Ada lagi nih status yang memakai teknik scalling...
Teman-teman, boleh dong minta masukannya ?

Kira-kira dari skala 1-10

Dimana 1 adalah SUKA, dan 10 adalah SUKA BANGET, seberapa suka teman-teman dengan sepatu ini ?

Teknik 3. Clickbait

Teknik yang sering digunakan oleh situs-situs besar dalam mempromosikan konten. Sebut saja Hipwee dan Tribun. Kedua situs ini sering memanfaatkan clickbait dalam membuat judul artikel.

Clickbait adalah kalimat kontroversial yang dilebih-lebihkan agar membuat pembaca penasaran.

Contohnya...

jualan di facebook

Siapa yang tak penasaran membaca judul artikel seperti itu. Itulah contoh dari pemanfaatan clickbait.

Kalau kita bedah, sebenarnya teknik clickbait adalah modus yang sering dipakai pebisnis online untuk meningkatkan trafik website mereka.

Bagaimana jika digunakan untuk jualan di Facebook ?

Tidak masalah, tapi gunakan dalam batas wajar, dalam artian tidak membohongi pembaca atau terlalu lebay.

Untuk membuat clickbait, berikut pola penulisan yang bisa anda tiru :
  • Gunakan judul sensasional
  • Judul biasanya berupa kalimat tanya
  • Menggunakan kata seru, seperti (wow, keren, astaga)
  • Gambar yang relevan

Teknik 4. Ask The Way

Melakukan sugesti kepada pembaca agar mereka mau menjawab dengan benar apa yang kita sugestikan. Itulah tujuan dari teknik ask the way.

Contoh...
By the way, kalian tau nggak, kenapa masker ini laris banget di pasaran ?Dengan pertanyaan seperti itu, pembaca akan menjawab, "karena..bla..bla..bla" atau "soalnya..bla..bla..bla".
Dengan jawaban seperti ini artinya pembaca setuju dan percaya dengan sugesti bahwa masker tersebut laris dipasaran. Padahal belum tentu mereka tahu kebenarannya.

Coba anda ganti kata "masker" diatas dengan produk anda, dan praktekan sekarang juga di Facebook.

Teknik 5. Giveaway Produk

Saya yakin sudah banyak dari anda yang paham soal giveaway produk. Atau mungkin banyak dari kalian yang sering ikut giveaway tapi gapernah dapet. 

Kasihan !

Ternyata oh ternyata, giveaway adalah teknik jualan di Facebook yang cukup ampuh.

Teknik ini mengharuskan Anda untuk memberikan produk secara cuma-cuma alias gratis kepada sebagian orang.

Syaratnya, mereka yang dipilih sebagai pemenang harus mengikuti ketentuan yang anda buat.

Contohnya bisa dilihat dari status ini...

contoh giveaway

Teknik 6. Story Telling

Orang itu lebih suka baca cerita daripada baca iklan. Dengan story telling anda akan melakukan keduanya sekaligus, yaitu bercerita sambil jualan.

Buat status Facebook berupa cerita yang menarik emosi pembaca. Biar makin paham coba baca panduan hypnotic story.

Teknik 7. Convert Selling

Teknik ini mengharuskan anda untuk terlihat sebagai seorang konsumen produk, bukan sebagai penjual.

Ibarat kata kalau kita lihat stand up comedy di TV, si komikus nggak perlu bilang, "aku mau ngelucu nih", tapi selama prosesnya, tiba-tiba penonton ketawa.

Terus ketika kamu jatuh cinta sama doi, kamu gaperlu bilang, "aku cinta banget lho sama kamu", tapi cukup buktikan dengan perhatian dan kasih sayang, maka doi akan sadar sendiri kalau kamu memang mencintainya.

Paham kan maksudnya ?

Biar makin paham, coba lihat contoh convert selling berikut ini...
Gendeng ! Ilmu kaya begini kok dibongkar ke publik secara gratis. Curiga besok kalau jualan bakal sold out ini mah.
(foto buku yang anda jual)

Wah benar-benar gak nyangka. Baru 1 hari dilaunching, jam tangan ini laris banget dan diserbu pembeli. Alhamdullilah...!
(foto jam tangan yang anda jual)

Teknik 8. Hard Selling

Ini teknik jualan yang paling umum digunakan para pebisnis online. Biasanya berupa konten yang melakukan promosi secara terang-terangan.

Teknik hard selling biasanya bersifat menekan dan memaksa pembeli.

Contoh...
  • Diskon 50% untuk 10 pembeli pertama
  • Potongan up to 70% selama 1 jam
  • Open order, limited stok
  • Beli sekarang, besok harga naik
  • Open pre-order sampai besok jam 12
8 teknik jualan diatas bisa anda kombinasikan saat membuat status Facebook, lihat teknik mana yang paling sesuai dengan produk yang anda jual. Kemudian kembangkan dengan teknik copywriting lainnya agar makin sadis.

FAQ

  • Anda engga akan tau sebelum mencobanya. Setiap kategori produk punya teknik promosinya masing-masing. Teknik yang efektif di produk ini, belum tentu efektif di produk lainnya.
  • Untuk hasil dan konversi penjualan yang maksimal, sangat dianjurkan untuk mengkombinasikan teknik tersebut dengan FB Ads. Dengan FB Ads, kamu bisa menjangkau lebih banyak orang, beda halnya dengan akun pribadi yang dibatasi hanya 5000 pertemanan.
  • Tentu saja. Salah satunya adalah teknik copywriting tingkat lanjut yang diberi nama Upselling dan Cross-sell. Kedua teknik ini sering digunakan raksasa ecommerce seperti Amazon dan Lazada dalam meningkatkan penjualan produknya.