Panduan Jualan Online di Instagram (Step by Step Sampai Laris)

Mau jualan online di Instagram tapi bingung cara mulainya? 

Udah jualan di Instagram tapi sepi pembeli?

Jika kamu punya dua masalah tersebut, panduan ini pas banget buat kamu baca.

Sebagai salah satu media sosial paling populer, Instagram punya potensi besar untuk dijadikan ladang uang bagi para pebisnis online.

Dari data Omnicore Agency, Instagram memiliki 1 triliun+ pengguna aktif setiap bulan dengan 60 juta+ foto yang diposting setiap harinya.

Berikut statistik lengkap Instagram:

  • 1 triliun+ pengguna aktif setiap bulan
  • 500 miliar+ pengguna aktif per hari
  • 500 miliar+ upload instagram stories per hari
  • 25 miliar+ pebisnis online di Instagram
  • 500 ribu+ influencer aktif di Instagram

Dengan statistik sebesar itu tentunya banyak pebisnis online yang memanfaatkan Instagram untuk berjualan.

Untuk mulai berjualan di Instagram, sangat saya sarankan untuk memahami teknik promosi dan copywriting.

Baca panduan berikut:

  1. Teknik copywriting bisnis online
  2. Trik menulis headline iklan 
  3. Taktik jitu promosi produk
  4. Teknik hypnotic story telling
  5. Upselling dan Cross-selling

Langkah-Langkah Jualan Online di Instagram

1. Buat Akun Instagram Bisnis

Sebelum mulai jualan online di Instagram, pastikan akun yang kamu gunakan adalah akun bisnis.

Jika masih akun personal, silahkan ganti ke akun bisnis dengan cara klik setelan dan pilih beralih ke profil bisnis.

Profil bisnis instagram
Profil bisnis Instagram by neilpatel.com

Berikut beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan profil bisnis:

  • Bisa menganalisa konten Instagram dengan fitur insight
  • Follower dapat mengakses tombol kontak (call to action) langsung di profil akun
  • Bisa menerbitkan iklan instagram tanpa perlu memakai Facebook ads

Sebelum lanjut ke step berikutnya, pastikan kamu sudah beralih ke akun bisnis.

2. Optimasi Profil

Step selanjutnya setelah beralih ke akun bisnis adalah melakukan optimasi profil.

Bagian yang harus kamu optimasi adalah foto profil dan juga bio instagram.

Untuk foto profil, gunakan foto atau logo dengan ukuran 320 x 320 piksel agar pas dengan lingkaran profil Instagram.

Optimasi profil Instagram
Optimasi profil Instagram KFC Indonesia

Di bagian bio, paling tidak kamu harus mencantumkan beberapa hal ini:

  1. Nama bisnis kamu (brand)
  2. Deskripsi singkat produk yang dijual
  3. Link website (opsional)
  4. Call to action
  5. Alamat bisnis (opsional)

Untuk bio instagram usahakan tidak terlalu panjang dan bertele-tele, maksimal 50 karakter.

3. Buat Microblog Content

Microblog sangat populer belakangan ini di Instagram. Dengan microblog, kamu bisa sharing konten sekaligus mempromosikan produk.

Buat yang belum tau, microblog merupakan jenis konten slide di Instagram yang berisi informasi singkat, padat, dan jelas.

Biar lebih jelas, langsung saja search di Instagram dengan hastags #microblog.

Untuk membuat microblog juga sangat mudah, kamu bisa memakai aplikasi PixelLab atau Canva.

Apa semua postingan di IG harus berupa konten microblog?

Tidak juga.

Kamu bisa mengkombinasikannya dengan jenis postingan lain seperti video pendek, IGTV, dan gambar produk yang dijual.

4. Optimasi Hastags

Setiap post Instagram harus ada hastagsnya?

Hastag ini penting untuk meningkatkan jangkauan postingan, semakin populer hastags yang digunakan, semakin banyak juga orang yang akan melihat postingan kamu.

Untuk penggunaan hastags, saya akan membaginya dalam 3 bagian:

A. Brand hastags

Hastags ini bisa kamu terapkan di profil dan juga setiap post Instagram. Ini merupakan hastags personal yang menggambarkan bisnismu dan belum ada orang lain yang menggunakannya.

Contohnya hastags #givesyouwings yang merupakan brand hastags milik Red Bull.

B. Niche Hastags

Sesuai namanya, hastags ini harus memiliki relevansi dengan produk yang akan dijual. Misalnya kamu menjual produk smartphone, hastags yang kamu gunakan juga harus berkaitan dengan produk smartphone.

Cari hastags di Instagram yang berkaitan dengan smartphone, dan pilih 5 hastags teratas untuk digunakan.

Perlu kamu tau bahwa pemilihan niche hastags yang tepat akan meningkatkan reach dan juga konversi penjualan.

C. Popular Hastags

Di Instagram, banyak sekali populer hastags yang penggunanya mencapai ratusan ribu hingga jutaan kali.

Nah hastags ini juga harus kita manfaatkan untuk meningkatkan reach postingan. Kamu bisa mencari dan memilih hastags di Instagram dengan pencarian tinggi, lalu menggunakannya di setiap post Instagram.

Biar enggak ribet, nih saya kasih beberapa popular hastags sesuai kategori kontennya:

No Best General Instagram Hastags Best Inviting Hastags Best Fashion Hastags Best Food Hastags Best Travel Hastags Best Pet Care Hastags Best Tech Hastags Best Weding Hastags Best Workout Hastags Best Holiday Hastags
1 #photooftheday #followme #styleinspo #instafood #travel #catlife #android #weddingstyle #nopainnogain #holiday
2 #instagood #likeforlike #ootd #food #vacation #instapet #mobile #loveislove #fitlife #holidayspirit
3 #nofilter #like4like #outfitoftheday #homemade #travelgram #doglife #apple #shesaidyes #yogafordays #holidaycrazy

N.B: Data diatas didapat dari riset yang dilakukan Shopify.com

Next, setelah kamu paham ketiga jenis hastags diatas, sekarang tinggal menerapkannya ke postingan.

Berikut beberapa optimasi yang harus kamu perhatikan saat menerapkan hastags:

  • Pasang brand hastags di bio Instagram
  • Gunakan brand hastags di tiap post
  • Gunakan 21 hastags di tiap post (1 brand hastags dan sisanya popular hastags/niche hastags)
  • Lakukan sirkulasi hastags agar tidak dianggap spam oleh Instagram

5. Optimalkan Instagram Stories

Tahukah kamu, bahwa ada lebih dari 55,4% influencer melakukan promosi produk di Intagram stories.

Data tersebut membuktikan bahwa fitur Instagram stories di Instagram punya reach atau jangkauan yang lebih luas daripada postingan di feed Instagram.

Hanya saja, Instagram stories ini terbatas untuk follower. Jika follower akun IG-mu kecil, reachnya juga akan kecil. Begitu juga sebaliknya, semakin banyak followernya, semakin luas juga jangkauannya.

Untuk mengoptimalkan Instagram stories, kamu bisa bereksperimen dengan berbagai jenis konten, mulai dari foto, video pendek, video rewind, atau boomerang.

Kamu bisa menggunakan aplikasi Canva untuk membuat Instagram stories yang ciamik, tinggal pilih desain IG stories, edit sedikit, lalu upload.

6. Perhatikan Jam Posting

Penting banget memperhatikan jam dan waktu posting di Instagram.

Jangan asal-asalan.

Menurut riset dari SimplyMeasured, hari paling bagus untuk posting di Instagram adalah hari senin dan hari kamis. 

Sementara itu hari paling buruk untuk posting adalah hari rabu dan hari minggu.

Waktu posting terbaik di Instagram
Waktu post terbaik di IG by neilpatel.com

Dan menurut riset dari CoSchedule, waktu terbaik untuk posting adalah antara jam 8 sampai dengan jam 9 pagi, serta jam 2 siang.

Jam posting terbaik di Instagram
Jam post terbaik di IG by neilpatel.com

Riset yang lebih spesifik juga dilakukan oleh Hootsuite, berikut datanya:

No Niche Waktu post terbaik Jam post terbaik
1 Traveling dan wisata Jumat 08.00 s/d 13.00
2 Media dan hiburan Selasa dan kamis 12.00 s/d 15.00
3 Makanan dan minuman Jumat 12.00
4 Retail Selasa, kamis, dan jumat 12.00
5 Layanan dan jasa Selasa, rabu, dan jumat 09.00 s/d 10.00
6 Nirlaba Selasa 10.00 s/d 16.00
7 E-niaga non ritel Kamis 16.00 s/d 21.00
8 Farmasi dan kesehatan Rabu dan minggu 09.00
9 Perawatan pribadi Kamis dan jumat 13.00 s/d 15.00
10 Teknologi Senin dan selasa 14.00
11 Pendidikan Kamis 16.00 s/d 17.00

N.B: Analisa ini dilakukan pada 258.956 post Instagram dari 11 industri berbeda.

Riset diatas bersifat universal, jadi mungkin saja berbeda tergantung audiens dari masing-masing akun Instagram.

Bagian ini nantinya bisa kita analisa dengan fitur Insight Instagram.

7. Gunakan Fitur Insight Instagram

Fitur insight ini penting sekali untuk melihat perilaku dari audiens dan waktu posting yang paling efektif.

Jika riset sebelumnya bersifat universal, riset dengan fitur insight ini lebih spesifik, karena tiap akun berbeda-beda hasilnya.

Untuk menggunakan insight, kamu bisa langsung klik tombol baris tiga di bagian atas akun Instagram.

Fitur insight instagram
Fitur insight Instagram bisnis

Lanjut pilih jangkauan akun (accounts reached) untuk melihat jumlah pengguna unik yang melihat postingan atau stories.

Di bagian ini kamu akan menemukan beberapa istilah seperti:

  1. Impresi - jumlah orang yang melihat postingan kamu
  2. Aktifitas akun - jumlah orang yang berinteraksi dengan akun kamu, seperti kunjungan profil, klik link web, dan aktifitas lainnya
  3. Populer post - postingan kamu yang paling banyak jangkauan dan interaksinya
  4. Populer stories - stories kamu yang paling banyak jangkauan dan interaksinya
  5. Video IGTV teratas - video IGTV kamu yang paling populer

Selain poin-poin diatas, dengan insight Instagram kamu juga bisa menganalisa interaksi konten dan juga perkembangan pengikut (follower) akun.

Dengan modal data tersebut, kamu pastinya bisa menyimpulkan dan memperbaiki postingan kamu selanjutnya.

8. Gunakan Fitur Instagram Shop

Salah satu fitur terbaru dari akun bisnis adalah Instagram shop. 

Fitur ini memungkinkan kamu memiliki toko online di Instagram, berupa katalog produk yang bisa langsung checkout di aplikasi.

Untuk memaksimalkan jualan di Instagram, kamu harus memanfaatkan fitur ini.

Gimana cara buatnya bang?

Tenang, Instagram sudah menyiapkan tutorial lengkapnya (baca disini).

Setidaknya, untuk bisa menggunakan fitur ini, akun kamu harus memenuhi syarat berikut:

  • Bisnis kamu berlokasi di Indonesia atau negara yang didukung
  • Bisnis kamu memiliki produk yang memenuhi syarat
  • Produk kamu mematuhi perjanjian dan kebijakan Instagram shop
  • Bisnis kamu punya situs web yang digunakan untuk jualan
Jika merasa akun kamu sudah memenuhi persyaratan diatas, silahkan daftar dan manfaatkan fiturnya.

Tapi jika tidak, langsung aja skip ke step selanjutnya.

9. Endorse Vs Paid Promote

Banyak yang salah mengartikan dua istilah penting ini. Jangan sampai tertukar.

  1. Endorse - kamu memberikan produk ke influencer secara cuma-cuma dengan kesepakatan untuk dipromosikan
  2. Paid promote - kamu membayar uang dengan jumlah tertentu ke influencer untuk bisa mempromosikan produk

Paham?

Jika sudah paham, lanjut ke next step yaitu mencari influencer yang tepat untuk melakukan endorse/paid promote.

Menurutmu influencer seperti apa yang tepat untuk melakukan promosi produk kita?

Yang banyak followernya, yang terkenal, atau yang harganya murah.

Salah semua...

Influencer yang terkenal dan followernya banyak belum tentu bisa meningkatkan penjualan produk.

Yang jadi patokan bukan seberapa banyak followernya, tapi seberapa tinggi engangement rate dari setiap postingan atau stories yang dia upload.

N.B: Engangement rate adalah jumlah interaksi berupa like, share, save, dan komen.

Berikut tips memilih influencer yang tepat untuk keperluan endorse di Instagram:

  • Followernya banyak dengan akun real bukan bot
  • Engangement rate tinggi di setiap postingan
  • Sesuaikan dengan demografi produk (misal: jangan endorse produk bayi pada influencer remaja apalagi pria)
  • Minta screnshot insight akun Instagram 7 hari terakhir
  • Sesuaikan harga endorse dengan budget yang kamu punya
  • Utamakan influencer lokal (misal: jika bisnis kamu di bandung, maka utamakan influencer dari bandung)
Gimana cara nyari influencer lokal bang?
Gampang, langsung aja ketik di Google dengan keyword "influencer instagram dari (nama kota kamu)".

Misalnya kamu mencari influencer dari kota bandung, maka ketikan keyword influencer Instagram dari bandung di pencarian Google.

Cling, kamu akan langsung mendapatkan banyak rekomendasi nama.

Cara kedua adalah dengan menggunakan advanced search di Instagram, kamu tinggal memasukan kata kunci atau hastags yang relevan.

Endorse di Instagram
Endorse produk di Instagram

10. Optimalkan dengan Instagram Ads

Udah ngelakuin langkah 1 sampai 9 tapi konversi penjualannya masih kurang?

Belum puas, dan ingin melipatgandakan penjualan?

Jika iya, mungkin kamu harus mencoba teknik paling jitu jualan di Instagram. Apalagi kalau bukan IG Ads.

Apa itu Instagram Ads?

Simpelnya, Instagram Ads adalah layanan periklanan milik Instagram, dimana kamu bisa mempromosikan produk dengan jangkauan yang lebih luas.

Gratis gak bang?

No, kalau kamu masih nyari yang gratisan sebaiknya skip bagian ini. Instagram Ads ini fitur premium, dimana kamu harus membayar sejumlah uang untuk menampilkan iklan.

Berapa biayanya?

Bervariasi, tergantung banyak faktor seperti penargetan, penempatan iklan, format iklan dan lama tampilan iklan.

Biar lebih paham, berikut beberapa format iklan yang disediakan oleh Instagram:

  • Iklan feed
  • Iklan stories
  • Iklan video
  • Iklan corousel
  • Iklan IGTV
  • Iklan belanja Instagram
  • Iklan koleksi
  • Jelajahi iklan
Setiap jenis iklan punya fungsi untuk sasaran bisnis yang berbeda dan memiliki opsi call to action (ajakan bertindak) yang berbeda.

Instagram ads
Contoh feed Instagram ads

Sesuaikan dengan bisnis kamu serta lakukan trial dan error untuk mendapat performa iklan terbaik.

Cara beriklan dengan Instagram Ads

Untuk mulai memasang iklan, ada dua cara yang bisa kamu lakukan. 

Pertama, langsung via aplikasi Instagram, dan yang kedua lewat pengelola iklan Facebook.

Disini kita akan membahas cara beriklan yang pertama, karena lebih prefer dan mudah dilakukan untuk pemula.

Langsung aja, pilih salah satu postingan yang ingin di iklankan, kemudian klik promosikan.

Beriklan di instagram
Postingan Instagram yang akan di iklankan

Selanjutnya, kamu akan dibawa ke bagian tujuan iklan, di sini ada beberapa pilihan yang bisa kamu pilih:

Kunjungan profil - membuat lebih banyak orang mengunjungi profil Instagram

Kunjungan situs web - membuat lebih banyak orang berkunjung ke situs web, biasanya disertai opsi memilih CTA

Pilih salah satu opsi diatas dan klik next untuk menuju bagian target audience. Disini ada 3 opsi yang harus kamu pilih:

Kategori iklan khusus - pilih opsi ini jika iklan kamu terkait sosial, politik, kredit, pekerjaan, dan perumahan

Iklan otomatis - pilih opsi ini jika kamu ingin target iklannya sesuai dengan follower akun Intagram kamu

Buat milik anda sendiri - pilih opsi ini jika kamu menarget audiens yang lebih spesifik

Saya sarankan untuk memilih opsi ketiga, disini kamu bisa menentukan lokasi target audiens, umur/jenis kelamin, hingga minat dari audiens.

Next step kamu akan dibawa ke bagian anggaran dan durasi. Di tab ini kamu bisa menyesuaikan biaya dan durasi iklan sesuai dengan budget yang kamu punya.

Biaya iklan di instagram
Biaya iklan di Instagram Ads

Jika sudah kamu tentukan, silahkan klik buat promosi dan lakukan pembayaran.

Terakhir, kamu tinggal menganalisa performa iklan yang kamu pasang, buat berbagai variasi iklan untuk melihat mana tipe iklan yang punya performa terbaik.

Penutup

Sampai disini, saya rasa kalian sudah paham bagaimana cara berjualan di Instagram. 

Selanjutnya, kalian tinggal mengembangkannya sendiri, dan temukan alur promosi terbaik untuk bisnis kalian.

Pelajari juga berbagai media promosi lain, seperti Facebook marketing, Whatsapp, hingga Tiktok untuk melipatgandakan omzet bisnis kalian.

FAQ

  • Karena Instagram dapat membantu kamu membentuk hubungan yang lebih pribadi dengan audiens. Kamu dapat berbagi foto dan video yang punya engangement lebih tinggi dibanding teks iklan.
  • Instagram lebih mobile friendly. Karena Instagram dibuat khusus untuk seluler, jenis konten visualnya juga lebih menarik dibanding Facebook. Meski Facebook telah berkembang sangat jauh dalam hal ini, tetapi Instagram tetap lebih baik, titik.
  • Dari riset yang dilakukan Selify.com, setidaknya ada 3 niche yang paling menguntungkan di Instagram. Yaitu niche kesehatan, gaya hidup, dan parenting.