Ini Dia Tips Membuat Presentasi yang Menarik



Tips membuat presentasi menarik
Tips membuat presentasi menarik
 

Hal yang bisa anda lakukan untuk memikat hati dosen dan teman saat presentasi adalah dengan membuat PPT yang menarik dan unik. Namun, pasti sangat merepotkan jika harus mendesain slide presentasi satu per satu. 

Pilihan tepresentasi yang ada di Microsoft PowerPoint mungkin terlihat membosankan. Jika anda menggunakan template bawaan dari Microsoft PowerPoint, presentasi anda bisa sama dengan orang atau grup lain.

Presentasi yang buruk adalah ketika anda membuat semua orang bosan dan mengantuk dengan presentasi tersebut. Jika slide presentasi jelek, kemungkinan perhatian audiens akan berkurang dan melemahkan kredibilitas nara sumber. Oleh karena itu, dibawah ini kami bagikan beberapa tips membuat PPT yang menarik.



Cara Membuat PPT yang Menarik dan Unik

Membuat PPT yang menarik dan unik
Membuat PPT yang menarik dan unik


1.Gunakan Desain Sederhana

Desain slide yang berlebihan, baik dari warna mencolok, dan teks berlebihan akan sangat mengganggu. Sebaiknya gunakan maksimal 3 warna dan gunakan background menggunakan warna putih atau netral. Pakai font sederhana dan tidak banyak desain yang membingungkan.

2.Jangan Terlalu Banyak Teks

Jika anda menampilkan seluruh informasi di awal slide, maka audiens akan cenderung fokus pada monitor/proyektor daripada apa yang anda jelaskan. Cukup gunakan beberapa kata kunci dan penjelasan dalam presentasi anda. Dengan demikian, penonton cenderung lebih memperhatikan apa yang disampaikan.

Gunakan teks yang mudah dibaca oleh seluruh audiens dan pastikan ukuran font juga cukup besar, agar terlihat bagus dan bisa dibaca oleh audiens yang ada di belakang. Pakai font yang berbeda, tetapi jangan sampai terlihat norak dan terlalu ramai.

3.Menggunakan Gambar sebagai Fokus Utama

Gunakan gambar yang bagus dan berkualitas. Carilah gambar yang sesuai dengan tema pembahasan dan apa yang ingin anda sampaikan. Jika anda ingin membuat presentasi yang lebih produktif, maka gunakan gambar yang bisa menginspirasi dan membawa kebahagiaan bagi audiens.

4.Gunakan Video

Anda juga bisa membuat PPT yang menarik dengan menampilkan video dalam slide untuk menciptakan suasana baru dan tidak monoton.

5.Menggunakan Grafik yang Menarik

Salah satu cara paling efektif untuk menampilkan banyak informasi di satu tempat adalah dengan menggunakan grafik atau bagan. Grafik dapat membantu anda untuk menyampaikan tren yang terjadi, misalnya tentang penurunan dan peningkatan pendapatan dan sebagainya.

Penggunaan grafik, tabel atau gambar untuk mempermudah penyampaian presentasi, manfaatkan grafik, tabel, dan gambar yang berhubungan dengan data yang anda miliki. Desain slide juga harus disesuaikan dengan tema dan enak dilihat, bukan dengan desain yang terlihat monoton. 

6.Kurangi Konten

Cara ini mungkin terlihat curang, tetapi ini adalah langkah terbaik untuk slide anda, yakni dengan mengurangi jumlah konten pada slide. Ubah beberapa poin yang anda ketik menjadi hal-hal penting dan yang akan anda ucapkan secara lisan.

7.Buat Slide Pembuka yang Menarik

Buat slide pembuka yang bisa menarik perhatian audiens. Karena awal presentasi adalah kesempatan anda untuk menarik perhatian audiens. Gunakan gambar yang menarik, unik, dan warna yang mencolok namun tetap enak dipandang. Jika awal presentasi bagus, maka audiens pasti tertarik dan terus memperhatikan presentasi berikutnya.


8.Gunakan Tema Kostum

Gunakan tema atau kostum tema khusus dari Power Point. Tema-tema yang ada selain di Power Point mengandung banyak ide. Tidak hanya pilihan warna dan font, tema-tema juga harus tampil sesuai dengan tema dan desain slide. 

9.Gunakan Tata Letak Slide Bawaan

Dalam tema PowerPoint, anda akan menemukan banyak tata letak yang merupakan desain slide khusus. Anda bisa memakai tata letak sebagai awal desain slide dan memilih tata letak yang berbeda sesuai dengan keinginan anda.

10.Gunakan Skema Warna

Untuk membuat PPT yang menarik, anda perlu membuat skema warna sempurna untuk menciptakan harmoni dan profesionalisme dalam presentasi anda. Dengan warna yang serasi, tentunya slide anda akan tampil lebih unik dan menarik perhatian. Anda bisa memakai skema yang telah disediakan oleh Power Point atau melihat referensi majalah.

11.Teks Tetap Konsisten

Menjaga teks dalam orientasi yang sama akan membuat slide rapi dan bersih. Gunakan teks rata yang konsisten pada bagian judul, paragraf dan di setiap poin. Gunakan jenis huruf yang mudah dibaca dan berukuran tepat. 

Jenis huruf yang jelas akan mengurangi kejenuhan audiens dalam melihat presentasi. Setidaknya mereka dapat membaca tentang slide anda dan memahami intinya.

12.Sesuaikan Ukuran Slide

Saat pertama membuka Microsoft Power Point, kita akan melihat tayangan slide dengan ukuran default 4:3. Anda dapat mengubah ukuran ini sesuai dengan kebutuhan presentasi anda. 

Sebelum anda memasukkan informasi atau objek ke dalam slide, arahkan kursor ke menu file dan pilih pengaturan halaman. Lalu isi tinggi dan lebar slide yang diinginkan dan klik ok untuk mengubah ukuran.

13.Jadikan Kontras

Kontras berfungsi membuat perbedaan diantara konten dan membuat sesuatu menjadi lebih menarik. Anda dapat membuat kontras dengan memberinya ukuran, warna, atau tampilan yang berbeda. 

Warna latar belakang dan teks harus dipilih dengan benar. Buatlah teks akan terbaca dengan jelas jika kontras antara warna teks dan latar belakang memiliki perbedaan yang kontras.

14.Buat Pengulangan

Pengulangan juga termasuk dalam konsep dalam membuat PPT yang menarik. Anda dapat mengulang elemen dalam presentasi dari satu slide ke slide lainnya. Anda dapat mengulangi pola, warna, tata letak, dan banyak hal lainnya. Pengulangan ini akan menciptakan keselarasan di seluruh slide presentasi anda.

15.Buat ringkasan dan Cek Kembali

Terakhir, buatlah ringkasan tenang presentasi anda di akhir slide. Dengan demikian, audiens dapat mengingat kembali semua poin penting yang dibahas dengan mudah. Jangan lupa untuk memeriksa ejaan dan penulisan. 

Hal yang dapat mengacaukan presentasi anda adalah salah ketik atau typo. Meski sederhana, ini bisa menjadi indikasi bahwa anda secara pribadi kurang teliti dan disiplin. Jadi periksa kembali sebelum presentasi.


Template Gratis untuk Kamu


Template PPT Aesthetic by Luffy
Instagram @me.lutt

Download

Kesimpulan

Tidak mudah menerapkan cara membuat presentasi yang menarik. Namun jika dilakukan dengan teliti, presentasi anda tentu akan memberikan informasi dan data yang mudah diterima oleh audiens. Persiapkan juga mentalitas anda untuk tetap percaya diri dengan apa yang anda miliki untuk meyakinkan audiens tentang presentasi anda.

Garis besar presentasi yang baik biasanya memiliki awal, tengah, dan akhir yang solid. Mulailah presentasi anda dengan skenario atau pertanyaan yang menarik perhatian anda. Lalu lanjutkan dengan memberi ringkasan dari apa yang disajikan dalam presentasi tersebut. 

Jangan sampai presentasi anda membuat banyak orang merasa bosan dan tidak tertarik. Jangan lupa memperhatikan penyampaian pesan kepada audiens dan mengakhiri presentasi dengan call to action dan meminta audiens untuk mengikuti apa yang telah disampaikan. Itulah beberapa tips membuat PPT yang menarik yang bisa anda terapkan, semoga bermanfaat.