Rilis Windows 11 Resmi dengan Fitur Terbaik [Gratis Download]



Windows 11
Windows 11

Setelah melalui beberapa proses, Microsoft akhirnya merilis Windows 11. Rilis Windows 11 resmi dimulai bertahap, jadi tidak semua perangkat dapat mencobanya langsung. Windows 11 dirilis pada 5 Oktober lalu, Namun, fitur dukungan aplikasi Android tidak akan tersedia pada tanggal tersebut. Berikut ini beberapa fitur dan keunggulan Windows 11 terbaru yang bisa anda ketahui.

Baca Juga : Ini Dia Tips Membuat Presentasi yang Menarik


Fitur dan Keunggulan Rilis Windows 11 Resmi

Refresh Rate Tinggi

Windows 11 sudah dilengkapi dengan dukungan untuk kecepatan refresh dinamis. Jadi, anda akan mendapatkan pengalaman dekstop yang mulus jika layar monitor anda juga mendukung.

Dukungan Desktop Virtual yang Ditingkatkan

Anda dapat mengakses desktop virtual dengan mengklik ikon di Taskbar. Selain itu, anda juga bisa mengatur wallpaper berbeda di desktop lain. Microsoft juga mendesain Windows 11 agar lebih ramah saat digunakan oleh penyandang disabilitas.

Tema Transparan / Dark Mode

Sistem operasi terbaru ini tidak ditemukan Live Tile yang sudah menjadi ciri khas sistem operasi sebelumnya sejak Windows 8 diperkenalkan. Namun kini telah tergantikan dengan aplikasi yang dibutuhkan pengguna. Temanya juga update, ada dua pilihan tema yaitu Light mode dan Dark Mode, kedua theme ini mengusung background transparan. 

Dapat Menjalankan Aplikasi Android

Dalam rilisnya, Microsoft memberikan kejutan pada Windows 11. Sistem operasi windows baru ini dapat menjalankan aplikasi Android tanpa perlu modifikasi atau root khusus. Tentu saja ini adalah pertama kalinya Microsoft berinvestasi dalam kemampuan ini. 

Baca Juga : Download template presentasi ppt aesthetic

Aplikasi Android dapat ditemukan di Microsoft Store dan juga dapat diunduh melalui Amazon App Store. Setelah diunduh, aplikasi android dapat disematkan ke bilah tugas.

Notifikasi Game

Untuk mendukung kegitan para gamer, Windows 11 menyediakan fitur Auto HDR agar gambar lebih tajam dan detail. Microsoft juga menghadirkan DirectStorage di Windows 11 untuk mempercepat loading game. Xbox Game Pass juga sudah terintegrasi dengan Windows 11. Karena xCloud disertakan, pengguna bisa melakukan streaming game secara langsung melalui sistem operasi ini.

Peningkatan Multitasking dan Kinerja

Dalam Windows 11, Microsoft menghadirkan fitur bernama Snap Layouts. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memasukkan aplikasi dalam pilihan mode dengan sangat cepat. Selain itu, terdapat fitur Group Snap yang akan memudahkan anda saat melakukan multitasking dengan membuka dan menyimpan beberapa jendela aplikasi secara bersamaan.

Cocok Untuk Tablet 

Windows 11 telah dirancang untuk bekerja pada berbagai perangkat, termasuk tablet atau notebook dengan layar sentuh. Meski fitur mode tablet pada OS ini dihilangkan, namun Microsoft telah menggantinya dengan yang lebih canggih, yakni Windows 11 yang bisa secara cerdas mengubah mode atau beradaptasi saat dipasang pada perangkat tertentu.

Upgrade Windows 11 Secara Gratis

Upgrade Windows secara gratis
Upgrade Windows secara gratis

Kabar baiknya bagi pengguna yang ingin mengupgrade ke OS terbaru ini, Microsoft memberikannya secara gratis atau free. Bagi anda yang saat ini menggunakan sistem operasi Microsoft yang lebih lama. Anda dapat melakukan migrasi ke Windows 11 dengan memperbarui Windows Update di pengaturan atau anda juga dapat mengunduh file dan kemudian menginstalnya.


Windows 11 Installer Resmi 
Download

Namun, ada syarat untuk mendapatkan Windows 11 secara gratis, yakni pengguna harus menggunakan Windows asli sebelumnya. Jadi, jika windows yang anda gunakan sekarang adalah windows bajakan, maka anda tidak akan bisa mendapatkan upgrade yang diberikan oleh Microsoft. Itulah beberapa keunggulan dan fitur dalam rilis Windows 11 resmi ini, semoga bermanfaat.